Penyakit Stroke, Pencegahan dan Pengobatannya

Agustus 11, 2019

Penyakit Stroke
Stroke adalah gangguan kesehatan dimana suplai darah menuju otak tidak lancar, sehingga berpotensi membuat jaringan di otak kekurangan nutrisi dan oksigen. Bila hal tersebut terjadi terus menerus, maka jaringan otak bisa mati. Karenanya kondisi ini cukup berbahaya. Dimana penderita stroke bisa menyebabkan kerusakan permanen hingga mengancam keselamatan hidup.
Penyakit stroke bisa menyerang siapa saja, baik manula maupun dewasa. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti faktor usia, jenis kelamin, keturunan, riwayat keluarga penderita stroke atau sakit jantung koroner. Beberapa faktor tersebut termasuk faktor yang tidak bisa diubah. Sementara itu, ada pula faktor penyebab lain seperti gaya hidup tidak sehat karena mengkonsumsi alkohol, merokok, kurang aktivitas, dan sebagainya. Faktor-faktor lain ini masih bisa dikontrol guna menekan risiko sakit stroke. Selanjutnya penyebab stroke bisa dibedakan menjadi 2, yakni

  • Stroke Iskemik
Stroke jenis ini umum terjadi pada usia manula. Stroke iskemik ditandai dengan adanya darah membeku yang menyumbat pembuluh darah. Sehingga aliran darah tidak lancar.

  • Stroke Hemorhagic
Jenis stroke hemorhagic adalah jenis yang mematikan. Kondisinya bisa dikenali dari adanya kebocoran atau pecahnya pembuluh darah di dalam otak. Hal tersebut mengakibatkan darah mengalir ke permukaan otak atau malah ke dalam otak.
Penyakit stroke bisa dikenali dari beberapa gejala. Diantaranya sakit kepala yang terasa mendadak dan parah. Rasa pusing yang menyebabkan sulit berjalan. Penderita umumnya juga mengalami gangguan penglihatan pada satu atau kedua mata. Gejala lainnya penderita bisa merasakan kebingungan dan sulit berbicara. Malah beberapa merasakan mati rasa di bagian lengan, kaki, atau wajah.

Pencegahan dan Pengobatan Stroke
Sebelum seseorang menderita stroke, ada baiknya bila penyakit ini dicegah. Adapun upaya pencegahan yang bisa dilakukan yakni dengan menerapkan pola hidup sehat. Dimulai dari mengonsumsi makanan sehat, rutin olahraga, menjauhi alkohol, rokok, menjaga kolesterol tubuh, dan menjaga tekanan darah.
Bila penyakit stroke sudah terlanjur menyerang, maka pengobatan wajib dilakukan. Pengobatan yang dibutuhkan bergantung dari penyebab stroke. Penderita akan dianjurkan mengkonsumsi obat tertentu hingga menjalani terapi fisik, bicara, kerja, dan lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »