Kiat Pencegahan Penyakit Diabetes Bagi Keturunan Diabetes

Agustus 12, 2019

Mengenal Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang ditandai kadar gula darah tinggi di atas normal. Dimana penderita memiliki kondisi organ pankreas yang tidak mampu memproduksi hormon insulin cukup seperlu memecah glukosa. Akibatnya glukosa menumpuk dalam darah dan akan menyebabkan sejumlah gangguan dalam tubuh.
Apakah di dalam keluarga Anda terdapat anggota yang memiliki riwayat diabetes, misal orang tua atau saudara? Bila iya, berarti Anda memiliki risiko penyakit diabetes serupa. Diabetes tipe 2 terutama berkaitan erat dengan riwayat keturunan. Dimana anak dari orang tua penderita diabetes berisiko menderita diabetes pula. Potensi ini pun bisa lebih besar jika kedua orang tua menderita diabetes.
Kemungkinan seseorang menderita diabetes juga bisa bertambah buruk dari gaya hidup tidak sehat. Pada umumnya satu anggota keluarga memiliki pola makan, kebiasaan olahraga, dan gaya hidup yang sama. Karenanya gaya hidup bisa meningkatkan risiko sakit diabetes. Adapun apa yang mesti dilakukan yakni sadar untuk menerapkan gaya hidup sehat, dimulai dari beberapa hal berikut:
  • Menjaga Berat Badan
Memiliki berat badan berlebih meningkatkan resiko seseorang terkena diabetes. Diketahui obesitas meningkatkan risiko penyakit kencing manis antara 20-40%. Oleh sebab itu, bila Anda memiliki berat badan berlebih upayakan untuk menurunkan berat badan. Lakukan diet sehat secara bertahap hingga mendapat berat ideal.
  • Menjaga Asupan Nutrisi
Untuk mencegah risiko sakit diabetes Anda juga perlu menjaga asupan nutrisi. Utamakan menu karbohidrat dari biji-bijian dalam menu sehat Anda. Kurangi makanan atau minuman manis yang memiliki kandungan glikemik tinggi. Selektif memilih lemak tidak jenuh yang jauh lebih menyehatkan dibanding lemak jahat. Selain itu, mulai batasi asupan daging merah dan daging olahan.
  • Seimbangkan Aktivitas Harian
Biasa menggunakan otot Anda dalam aktivitas dalam menekan risiko diabetes. Karena otot yang aktif mampu mengendalikan insulin dan proses penyerapan glukosa. Untuk itu, seimbangkan aktivitas harian Anda. Hindari kebiasaan bermalas-malasan seperti duduk atau berbaring terlalu lama menonton TV yang hanya akan membuat otot kaku.
  • Berhenti Merokok Sekarang Juga
Bagi Anda perokok aktif sebaiknya memutuskan untuk berhenti merokok mulai dari sekarang. Merokok berbahaya bagi kesehatan paru-paru dan juga meningkatkan kemungkinan diabetes. Dimana perokok aktif berisiko lebih besar hingga 50% dibanding mereka yang tidak merokok.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »