Gejala Umum Penyakit Diabetes Melitus yang Wajib Diwaspada

Agustus 03, 2019

Penyakit diabetes melitus mungkin tidak asing terdengar oleh kita, penyebab utama penyakit ini adalah gaya hidup yang salah hingga menyebabkan kadar gula dalam darah berada pada batas yang tidak normal. Normalnya kadar glukosa yang ada dalam tubuh manusia merupakan sumber energi utama bagi sel-sel yang membentuk otot dan jaringannya. Kadar gula yang berlebih juga akan membahayakan bagi tubuh manusia dan memicu terserang penyakit gula.
Tahukah anda? Negara kita Indonesia memiliki masuk dalam 10 besar penderita penyakit diabetes melitus di dunia. Meskipun begitu hanya sebagian penderita yang menyadari bahwa mereka terserang penyakit ini dan mengetahui seberapa besar bahaya penyakit gula darah.
Agar lebih jelas kita akan membahas gejala penyakit diabetes melitus tersebut. Yuk simak.

Gejala penyakit diabetes melitus

  • Berat badan terus menurun
Jika berat badan seseorang turun mungkin hal tersebut normal, akan tetapi yang patut anda waspadai ialah saat penurunan berat badan tersebut terjadi terus menerus. Gejala pertama bahwa seseorang terserang diabetes ialah kehilangan berat badan yang drastis dan signifikan dalam waktu singkat. Hal ini terjadi karena gula tidak mampu diserap secara bagus oleh tubuh.
  • Meningkatnya nafsu makan
Masih tergolong gejala yang wajar saat nafsu makan seseorang meningkat, akan tetapi ini juga bisa jadi salah satu gejala awal diabetes. Meningkatnya nafsu makan disebabkan oleh sel membutuhkan asupan glukosa yang lebih banyak dan itu bersumber dari makan yang dikonsumsi.
  • Sering buang air kecil terlebih saat malam hari
Gejala yang paling jelas ialah sering dan terus menerus buang air kecil. Jika hal ini terjadi pada anda sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan sebelum bertambah parah.
  • Sering terasa kesemutan, kram, atau mati rasa
Ini adalah gejala yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah kita. Apabila anda sering merasa kram atau kesemutan, anda patut waspada dan segera periksakan diri karena bisa jadi itu adalah gejala diabetes yang sudah stadium lanjut. Rasa kram atau mati rasa terjadi karena kerusakan pada syaraf.
  • Saat terluka biasanya susah sembuh atau kering
Seseorang yang menderita penyakit diabetes melitus disebabkan oleh berlebihannya kadar gula yang akhirnya menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak normal. Saat penderita penyakit ini mengalami luka yang terbuka, biasanya akan susah dalam penyembuhannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »