Cara Sederhana Mencegah Stroke

Juli 29, 2019

Mencegah Stroke - Stroke adalah masalah kesehatan masyarakat pada urutan pertama. Faktor risiko utama yang dapat dihindari pada penderita stroke adalah: hipertensi , merokok, diabetes mellitus, hiperkolesterolemia, obesitas, dan penyakit jantung trombotik. Faktor risiko tambahan termasuk: homocysteinemia, tingginya kadar protein C-reaktif , asupan lemak dan garam yang tinggi dalam makanan, kurangnya buah-buahan dan sayuran dalam makanan, dan gaya hidup tidak sehat. Stroke juga dapat terjadi karena vaskulitis (penyakit jaringan ikat pembuluh darah); infeksi; traumatisme dan diseksi arteri.
Stroke dapat terjadi pada siapa saja, karena ada juga faktor genetik yang menyebabkan seseorang dengan usia muda terkena stroke. Namun, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa hampir 80% dari stroke dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah stroke.

Makanan sehat : makanan harus bervariasi, kaya nutrisi dan sehat, terutama berfokus pada makanan rendah garam dan rendah lemak. Buah-buahan, sayuran hijau ( brokoli, kembang kol, kubis, lobak, selada air), sereal, biji-bijian utuh, dan ikan adalah beberapa contoh makanan sehat yang dapat anda konsumsi.
Secara umum, bawang putih mentah dapat mengurangi konsentrasi kolesterol darah, memberikan efek antikoagulan ringan dan dapat mengendurkan otot polos arteri. Anda bisa menumbuk satu atau dua siung bawang putih sehari dan menambahkannya ke dalam makanan.

Olahraga : jika ingin memiliki gaya hidup sehat, penting untuk berolahraga secara teratur. Berjalan atau berlari selama satu jam sehari sudah cukup untuk mencegah stroke, untuk menjaga tubuh tetap bugar, anda juga dapat melakukan olahraga yang lebih berat.

Kontrol berat badan : anda harus berusaha untuk tidak kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk mempertahankan berat badan yang baik, keseimbangan energi sangat penting, yaitu jumlah kalori yang kita konsumsi dan kita habiskan harus sama. Jika jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dari yang dikeluarkan, kalori ini akan berubah menjadi lemak. Dalam hal menjaga berat badan, olahraga dan diet adalah kuncinya.

Periksa kolesterol : memiliki kadar kolesterol yang sehat adalah kunci untuk mencegah stroke . Kadar kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia) dianggap lebih tinggi dari 200 mg / dL. Jika kita memiliki kolesterol tinggi, kita harus melakukan diet, olahraga, dan, dalam beberapa kasus dianjurkan untuk mengkonsumsi obat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »