Yakitori, Satai Ayam Khas Jepang dengan Aneka Bumbu Enak

Juni 21, 2019


Siapa yang tidak kenal satai atau sate? Makanan ini sangat familier bagi masyaraka Indonesia, bahkan setiap daerah mempunyai variasi tersendiri. Namun ternyata, hidangan dengan konsep seperti satai bisa dijumpai juga di negara lain, salah satunya di Jepang.

Adalah yakitori, masakan khas Jepang yang terbuat dari potongan daging ayam dan sayur yang disusun pada tusukan seperti sate untuk kemudian dibakar. Meski bentuknya serupa, yakitori punya karakteristik tersendiri yang membuatnya begitu unik.

Yakitori dan saus khasnya
Seperti satai di Indonesia, yakitori menggunakan bumbu khas. Ada dua jenis bumbu yang disediakan, antara lain tare dan shio. Shio merupakan bumbu garam yang menciptakan rasa sederhana, sedangkan tare memakai shoyu untuk menciptakan kombinasi rasa manis dan asin.

Penggunaan saus pada yakitori bisa disesuaikan dengan selera atau bagian ayam yang digunakan. Misalnya, jeroan ayam yang cocok dengan tare untuk menyamarkan lemak dan lengket. Jika ragu, tanya rekomendasi bumbu dari koki restoran untuk mendapatkan cita rasa maksimal.

Bagaimana cara menikmati yakitori?
Untuk menikmati yakitori, mulai dari bagian yang tak terasa tajam. Misalnya dari yakitori sasami yang terbuat dari daging dada ayam yang minim lemak. Kemudian lanjutkan ke hatsu, otafaku, hingga ke bagian-bagian ayam yang menimbulkan rasa paling tajam. Ada pula cara lain yang dapat diterapkan, yakni dari tusuknya. Di Jepang, langkah ini dianggap sebagai bentuk menghargai usaha pembuat para yakitori yang telah mengorbankan waktu untuk membuat hidangan tersebut.

Beberapa orang menambah rempah seperti ichimi togarashi (bubuk cabai), sansho (lada Jepang), shichimi togarashi (bubuk rempah dan cabai), lada, hingga wasabi. Akan tetapi, jangan tuangkan rempah pada yakitori yang baru matang, karena akan menghilangkan rasa asli dari masakan tersebut.

Pemilihan bagian daging untuk yakitori yang sangat teliti menjadikannya sebagai masakan sehat. Betapa tidak? Untuk satu tusuknya, rata-rata kalori yang terkandung hanya 75 kalori. Namun pada yakitori yang terbuat dari daging berlemak, kandungan kalori yang terkandung pun akan lebih tinggi.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »