Resep Okonomiyaki, Pancake Gurih Ala Jepang Yang Paling Gampang

Juni 23, 2019



Okonomiyaki adalah salah satu makanan street food paling terkenal di Jepang dan cukup familiar juga di Indonesia bahkan sekarang sudah banyak versi lokalnya. Okonomiyaki adalah makanan yang dibuat dari adonan tepung dengan berbagai macam isi yang bisa dipilih sesuai selera, dimasak di atas penggorengan dengan sedikit minyak, mirip dengan pancake. Nama okonomiyaki diambil dari kata “okonomi” yang kurang lebih artinya suka-suka, sedangkan “yaki” artinya adalah dimasak atau digoreng sehingga topping yang bisa dimasukkan ke dalam adonan bisa bermacam-macam biasanya satu area punya topping yang berbeda dengan area di Jepang lainnya. Ingin buat sendiri okonomiyaki Anda? Cara buatnya mudah kok, berikut adalah resepnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat okonomiyaki

Bahan-bahan berikut ini adalah bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat okonomiyaki yang paling dasar. Anda bisa menambah variasi topping dari okonomiyaki yang Anda buat misalnya diisi dengan udang yang sudah dibersihkan kulitnya, potongan cumi atau gurita, daging sapi asap, dan lain sebagainya.

1.     Kubis, potong-potong kubis dengan tipis sampai dapat setidaknya dua genggaman tangan penuh

2.     1 buah daun bawang, potong-potong tipis bagian putihnya, simpan bagian hijaunya untuk taburan

3.     1 buah telur ayam

4.     ½ sendok teh shoyu atau kecap asin Jepang

5.     ½ cangkir tepung terigu

6.     ½ cangkir air (tepung terigu dan air bisa disesuaikan takarannya agar bisa jadi adonan yang pas seperti pancake)

7.     Minyak goreng secukupnya

Cara memasak okonomiyaki

Untuk memasak okonomiyaki sebaiknya gunakan panci teflon atau penggorengan yang permukaannya datar agar bagian dalam okonomiyaki bisa matang dengan baik. Cara untuk memasak okonomiyaki rumahan adalah sebagai berikut:

1.     Campur semua bahan kecuali minyak goreng jadi satu kemudian aduk hingga rata

2.     Panaskan penggorengan beri sedikit minyak goreng, jaga api di tingkat rendah hingga medium agar matangnya rata

3.     Tuangkan adonan ke penggorengan membentuk adonan yang bulat agak tebal, tutup penggorengan agar panasnya bisa mematangkan makanan hingga ke tengah

4.     Jika sisi satu sudah kecoklatan, balik untuk mematangkan pada sisi satunya

5.     Jika sudah matang, angkat dan sajikan di atas piring. Taburi dengan daun bawang, bisa ditambah dengan taburan katsuoboshi, mayones, shoyu, ataupun topping lain yang Anda suka.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »